Monday, March 24, 2014

Pengertian Agregat Demand

Apa kabar Sahabat Indonesia? Pada kesempatan kali ini Cah Indonesia akan sedikit berbagi pengetahuan tentang pengertian agregat demand. Agregat Demand sendiri merupakan sebuah istilah yang biasa kita temui ketika belajar makro ekonomi. Langsung saja ini dia pengertian agregat demand.

Pengertian agregat demand merupakan hubungan antara jumlah output yg diminta dan tingkat harga agregat. Kurva agregat demand menunjukkan hubungan antara tingkat harga P dan jumlah barang yang dan jasa yang diminta Y. Kurva itu digambarkan untuk nilai jumlah uang beredar M tertentu. Kurva agregat demand miring ke bawah; semakin tinggi tingkat harga P, semakin rendah tingkat keseimbangan riil M/P, dan karena itu semakin rendah jumlah barang dan jasa yang diminta Y. Kurva agregat demand dibuat untuk nilai dari jumlah uang yang beredar tetap (M konstan). Dengan kata lain, kurva tsb menyatakan kombinasi yang mungkin dari P dan Y untuk nilai M tertentu. Jika M berubah, maka P dan Y juga akan berubah, yang berarti kurva agregat demand bergeser.

Demikian pengertian agregat demand yang dapat Cah Indonesia paparkan. Baca juga postingan tentang pengertian agregat supply dengan klik link dibawah ini.

Pengertian Agregat Supply

Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi Sahabat Indonesia semua. Tinggalkan saran, kritik, dan komentar karena akan sangat berguna bagi penulis.

Sumber Pustaka: Mannig J. Simidian. Tutorial PowerPointÔ. BAB 9 Pengantar Fluktuasi Ekonomi. Untuk mendampingi MAKROEKONOMI, edisi ke-6N. Gregory Mankiw. Diunduh pada tanggal 17 November 2013. Pukul 21.32 

No comments:

Post a Comment