Monday, March 24, 2014

Perspektif Kualitas

Salam sejahtera bagi kita semua, apa kabar Sahabat Indonesia? Pada kesempatan yang singkat ini ditengah kesibukan yang tak jelas Cah Indonesia akan berbagi pengetahuan tentang perspektif kualitas. Perspektif sendiri merupakan sebuah sudut pndang atau pola lingkungan terhadap sesuatu yang kali ini akan membahas tentang kualitas. Jadi postingan kali ini akan menekankan apa saja sudut pandang yang digunakan ketika kita berbicara tentang kualitas. Langsung saja, ini dia Persperktif Kualitas yang menurut Garvin ada 5 pandangan atau lingkungan yang berhubungan dengan kualitas, lima lingkungan atau sudut pandang tersebut adalah:
  • Transcendental Approach
    Menilai kualitas suatu produk hanya bisa dengan merasakannya saja dan tidak bisa dioperasionalkan atau dilakukan sendiri. Contohnya adalah jasa penerbangan, dan konser music.
  • Produk Base Approach
    Penilaian kualitas suatu produk berdasarkan unsur-unsur yang melekat dalam produk itu sendiri, seperti kemampuan, keistimewaan, dan perbedaan dengan produk perusahaan lainnya.
  • User Base ApproachKualitas suatu produk dinilai dari kemampuan pengguna dalam menggunakan atau memanfaatkan produk tersebut. Contohnya adalah smartphone yang digunakan oleh pebisnis atau pengusaha dalam membantu mengembangkan usahanya.
  • Manufacturing Base Approach
    Penilaian terhadap kualitas suatu produk didasarkan pada seberapa tinggi standar perusahaan atau pabrik tempat produk itu dibuat.
  • Value Base Approach
    Kualitas suatu produk dinilai dari seberapa besar nilai, manfaat, atau kegunaan dari produk tersebut.

Demikian perspektif kualitas yang dapat Cah Indonesia sajikan, semoga bermanfaat untuk Sahabat Indonesia semua. tinggalkan komentar untuk membantu penulis mengembangkan blog ini.

No comments:

Post a Comment