Monday, March 24, 2014

Pengertian Agregat Supply

Apa kabar Sahabat Indonesia? Pada kesempatan kali ini Cah Indonesia akan sedikit berbagi pengetahuan tentang pengertian Agregat supply. Agregat Supply sendiri merupakan sebuah istilah yang biasa kita temui ketika belajar makro ekonomi. Langsung saja ini dia pengertian Agregat Supply.

Penawaran agregat (aggregate supply) Adalah hubungan antara jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dan tingkat harga. Karena perusahaan yang menawarkan barang dan jasa memiliki harga yang fleksibel dalam jangka panjang tetapi harga yang kaku dalam jangka pendek, hubungan penawaran agregat bergantung pada horizon waktu. Kita perlu membahas dua penawaran agregat yang berbeda : kurva agregat supply jangka panjang (long-run aggregate supply) LRAS dan kurva agregat supply jangka pendek (short-run aggregate supply) SRAS. Kita juga perlu membahas bagaimana perekonomian melakukan transisi dari jangka pendek ke jangka panjang.

Dalam jangka panjang, kurva agregat supply berwujud vertical karena output di tentukan oleh jumlah modal dan tenaga kerja serta ketersediaan teknologi, tetapi tidak oleh tingkat harga. Karena itu, pergeseran agregat demand mempengaruhi tingkat harga tetapi tidak output atau kesempatan kerja.

Dalam jangka pendek, kurva agregat supply adalah horizontal, karena upah dan harga kaku pada tingkat yang sudah ditentukan sebelumnya. Karena itu, pergeseran dalam agregat demand mempengaruhi output dan kesempatan kerja. < /br>< /br>Demikian pengertian agregat supply yang dapat Cah Indonesia paparkan. Simak pula penjelasan tentang agregat demand dengan mengklik link dibawah ini

Pengertian Agregat Demand

Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi Sahabat Indonesia semua. Tinggalkan saran, kritik, dan komentar karena akan sangat berguna bagi penulis.

Sumber Pustaka: Mannig J. Simidian. Tutorial PowerPointÔ. BAB 9 Pengantar Fluktuasi Ekonomi. Untuk mendampingi MAKROEKONOMI, edisi ke-6N. Gregory Mankiw. Diunduh pada tanggal 17 November 2013. Pukul 21.32 

No comments:

Post a Comment