Monday, March 24, 2014

Pengertian Kualitas

Salam sejahtera Sahabat Indonesia semua, semoga kita semua dalam keadaan sebaik-baiknya keadaan, pada kesempatan kali ini Cah Indonesia akan berbagi sebuah postingan tentang pengertian kualitas serta latar belakang pentingnya kualitas bagi sebuah perusahaan. Langsung saja ini dia pengertian kualitas.
  • Pengertian Kualitas

Banyak pendapat berbeda dari setiap orang ketika mereka ditanya apa pendapat mereka tentang kualitas. Ada yang mengatakan bahwa kualitas merupakan standar, ada pula yang mengatakan bahwa kualitas adalah sebuah nilai atau manfaat. Namun menurut beberapa ahli kualitas memiliki beberapa pengertian. Menurut Goetsch dan Davis (1994) pengertian kualitas adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi standar.

Crosby (1979) berpendapat bahwa pengertian kualitas merupakan sesuatu yangsesuai dengan yang disyaratkan atau distandarkan. Selain itu, salah seorang ahli lainnya berpendapat bahwa kualitas adalah kesesuaian dengan kebutuhan pasar (deming: 1982)

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengertian kualitas merupakan sebuah kondisi yang memiliki standard an syarat tertentu sehingga dapat memenuhi atau melebihi harapan.


  • Latar Belakang Pentingnya Kualitas


  • Latar belakang pentingnya kualitas dapat dilihat dari berbagai sudut pandang antara lain adalah sebagai berikut :
      • Manajemen Operasi
        Kualitas produk sangat berperan penting dalam meningkatkan daya saing sebuah produk sehingga mampu memberikan kepuasan terhadap konsumen melebihi atau setidaknya sama dengan produk pesaing.
      • Manajemen Pemasaran
        Kualitas produk merupakan salah satu unsur dalam bauran pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar.
      • Manajemen Sumber Daya Manusia
        Kualitas berorientasi pada peningkatan kemampuan, softskill, dan kinerja karyawan dalam membantu dan mendukung sektor lainnya dalam perusahaan tersebut. Hal ini dikarenakan bahwa suatu produk yang berkualitas merupakan hasil kerja dari SDM yang berkualitas pula.
      • Manajemen Keuangan
        Kualitas diterapkan untuk menjalankan fungsi pokok manajemen keuangan agar segala kebutuhan dana perusahaan dapat terpenuhi dengan baik.

    Demikian yang bisa Cah Indonesia bagi dengan Sahabat Indonesia semua tentang pengertian kualitas dan latar belakang pentingnya kualitas bagi sebuah perusahaan semoga bermanfaat. Tinggalkan komentar untuk membantu penulis mengembangkan blog ini.

    No comments:

    Post a Comment