Friday, May 10, 2013

Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Salam sejahtera bagi kita semua. Apa kabar sahabat Indonesia. Kali ini Cah Indonesia akan menyajikan tulisan tentang bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar.
Makalah merupakan sebuah karya tulis untuk menyampaikan suatu teori tertentu dan untuk menyampaikan pendapat kita secara ilmiah. Dalam membuat makalah yang baik dan benar. Hal yang harus di perhatikan antara lain adalah :

Bahasa dalam Membuat Makalah Yang Baik dan Benar. Dalam membuat makalah yang baik dan benar hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hal penggunaan bahasa antara lain adalah:
  1. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Menggunakan kata-kata yang bersifat ilmiah.
  3. Tidak mengandung unsur SARA.
  4. Sopan dan tidak menghina atau menjatuhkan orang lain dalam menyampaikan pendapat.

Urutan dan Struktur Makalah Yang Baik dan Benar Makalah terkenal dengan tugas yang kurang disukai dikalangan pelajar karena mereka berpikir bahwa untuk membuat sebuah makalah yang baik dan benar di perlukan kerja keras. Mulai dari menentukan tema sampai membuat kerangka makalah agar sesuai dengan criteria makalah yang baik dan benar. Struktur dari makalah yaitu :
  1. Cover. Merupakan halaman awal yang memuat logo sekolah atau universitas kemudian judul makalah dan nama penulis.
  2. Halaman Judul. Merupakan halaman yang sama persis dengan judul.
  3. Kata pengantar. Halaman pada makalah yang berisi ucapan terima kasih kepada tuhan dan pihak-pihak yang berperan serta dalam pembuatan makalah. Dalam membuat makalah kata pengantar dapat disertakan ataupun tidak tergantung dari keinginan penulis.
  4. Daftar Isi. Merupakan halaman navigasi yang mempermudah pembaca menemuan halaman yang ia cari.
  5. Bab I. Pendahuluan. Pada pendahuluan berisi tiga poin. Yang pertama latar belakang yang merupakan sekumpulan paragraph yang menampilkan alasan penulis menggunakan tema tersebut untuk makalahnya dan apa yang ia harapkan dari penulisan makalah tersebut. Yang kedua adalah rumusan masalah, yang menyajikan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan dibahas dalam makalah tersebut. Rumusan masalah berbentuk pertanyaan bukan pernyataan. Yang terakhir adalah tujuan penulisan. Tujuan penulisan dalam membuat makalah yang baik dan benar merupakan hal-hal apa saja yang diharapkan dapat diperoleh pembaca setelah membaca makalah tersebut.
  6. Bab II Landasan Teori. Landasan teori berisikan teori-teori apa saja yang relevan dengan tema makalah tersebut. Landasan teori harus menjawab semua pertanyaan dalam rumusan makalah. Makalah yang baik dan benar adalah ketika seorang penulis hanya menyajikan teori-teori yang sesuai dengan rumusan masalah dan tidak menuliskan sebuah teori yang tidak ada dalam rumusan masalah dalam makalah tersebut.
  7. Bab III Pembahasan. Bab pembahasan merupakan sesuatu yang kondisiona, yang berarti bahwa pembahasan hanya perlu di cantumkan jika diminta saja. Atau jika makalah tersebut membahas tentang sebuah kasus atau peristiwa tertentu. Pembahasan merupakan sebuah analisa yang dilakukan oleh penulis dengan menghubungkan antara kasus atau peristiwa yang ada dengan teori-teori yang telah disajikan dalam makalah tersebut sebelumnya.
  8. Daftar Pustaka. Merupakan halaman khusus yang berisikan referensi apa saja yang bisa digunakan dalam membuat makalah tersebut. Makalah yang baik dan benar setidaknya menggunakan tiga buku sebagai referensinya.
Berikut adalah cara membuat makalah yang baik dan benar. Hal yag terpenting untul membuat makalah tersebut menjadi baik dalah dengan menemukan tema yang up to date atau tema-tema yang sedang menjadi buah bibir masarakat, dan makalah yang benar adalah makalah yang mengikuti standar pembuatan makalah dengan memperhatikan bahasa yang digunakan serta struktur penulisannya.

Terima kasih untuk Sahabat Indonesia semua yang telah menyempatkan diri untuk membaca cara membuat makalah yang baik dan benar. Sebagai referensi untuk mengetahu bagaimana penulisan makalah yang baik dan benar silahkan klik link di bawah ini.

Untuk makalah yang tidak memperlukan pembahasan silahkan klik link di bawah ini.

Contoh Makalah Kewarganegaraan

Sedangkan untuk makalah yang memperlukan pembahasan, silahkan klik link dibawah ini.

Contoh Makalah Ekonomi

No comments:

Post a Comment