Sunday, May 5, 2013

PENGERTIAN AQIDAH

Kali ini Cah Indonesia akan menyajikan tentang pengertian Aqidah. Selain itu. Juga akan dibahas tentang apa saja ruang lingkup dari Aqidah. Langsung saja, ini adalah pembahasan tentang Aqidah.

Pengertian Aqidah,
Aqidah merupakan sebuah keyakinan yang ada didalam hati. Secara etimology, Aqidah diartikan berakar yang diambil dari kata ‘Aqada – Ya’qidu – ‘Aqidatan. Kemudian dapat pula diambil dari kata Aqidan yang berarti simpul, ikatan, perjanjian, dan kokoh. Setelah kata Aqidan diubah menjadi Aqidah artinya menjadi keyakinan. Dan jika kedua kata itu dihubungkan, maka Aqidah memiliki pengertian sebagai keyakinan yang trsimpul kokoh di dalam hati yang bersifat mengikat dan mengandung perjanjian.
Aqidah menurut terminology memiliki beberapa pengertian antara lain:
  1. Pengertian Aqidah menurut Hasan al-Banna. Dalam kitabnya Majmu’ al-Rasail, Hasan al-Banna mengungkapkan bahwa Aqa’id (bentuk jamak dari Aqidah) merupakan beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati, mendatangkan ketentraman jiwa menjadi keyakinan yan gtidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
  2. Pengertian Aqidah menurut Abu Bakar Jabir al-Jazary. Dalam kitabnya Aqidah al-Mukmin, Abu Bakar mengatakan bahwa Aqidah memiliki pengertian sebagai sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara umum (asioma) oleh manusia berdasarkan akal, wahyu, dan fitrah.
Dari pengertian diatas, dapat diketahui bahwa hal yang harus di perhatikan dalam memahami pengrtian Aqidah adalah pertama, setiap manusia telah memiliki fitrah untuk mengakui sebuah kebenaran, indera untuk mencarinya, dan akal untuk mengujiya. Kedua, bahwa sebuah keyakinan tidak boleh di campur adukkan dengan keragu-raguan. Ketiga, Aqidah harus mendatangkan kedamaian. Dan yang keempat, setiap keyakinan harus diikuti dengan tanggung jawab dan kewajiban untuk menjalankan keyakinannya.

Ruang Lingkup Aqidah
Setelah mengetahui tentang pengertian Aqidah, sekarang akan dibahas tentang apa saja yang menjadi ruang lingkup dari Aqidah. Ruang lingkup dari Aqidah menurut Hasan al-Banna membahas tentang :
  1. Ilahiyat : pembahasan tentang segala seseatu yang berhubungan dengan Allah, seperti nama-nama Allah, sifat-sifat Allah, dan sebagainya.
  2. Nubuwat : pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Nabi dan Rosul.
  3. Ruhkaniyat : pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan alam Ghoib, seperti Malaikat, Jin, Neraka, dan Surga.
  4. Sam’iyat : pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu yang hanya bisa diketahui melalui sam’I, seperti Dalil Nagli berupa Al – Qur’an dan As – Sunnah.
Demikian adalah pembahasan tentang pengertian Aqidah dan ruang lingkup Aqidah. Semoga bermanfaat bagi Sahabat Indonesia Semua.

No comments:

Post a Comment