Monday, March 4, 2013

CONTOH GERAKAN SEPARATIS DI INDONESIA

Kali ini cah indonesia akan membahas tentang contoh gerakan separatis di Indonesia. dalal artikel ini, Cah Indonesia akan menyajikan satu contoh gerakan separatis di Indonesia, serta bagaimana upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan prmasalahan tersebut. berikut ulasan contoh gerakan separatis yang pernah terjadi di Indonesia.

1. CONTOH KASUS GERAKAN SEPARATIS "PENYERANGAN HELICOPTER MILIK TNI DI PAPUA"
Akhir-akhir ini kita tengah di kejutkan oleh serangan ataupun penembakan terhadap helicopter Puma milik TNI oleh sekelompok orang yagn tak di kenal. Banyak orang yang mengira bahwa penembakna itu dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM). Namun jika kita lihat kebelakang, penyerangan-penyerangan seperti itu sudah sering di lakukan. Selain kepada anggota TNI yang sedang bertugas di Papua, anggota polisi, serta karyawan PT. Freeport pun sering menjadi korban. Tapi apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari permasalahan ataupun terror yang sering terjadi di Papua tersebut. Beberapa hal yang menjadi masalah pokok penyebab penyerangan tesebut adalah pembangunan yang kurang merata. Bagaimana tidak, jika kita bandingkan dengan pulau Jawa, dan pulau Sumatra kita bisa melihat bahwa kebanyakan kota di pulau tersebut sudah termasuk dalam kota-kota metropolitan, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, dan lain-lain. Tapi bagaimana dengan wilayah Indonesia Timur khususnya papua. Pasti dalam bayangan kalian bahwa kebanyakan kota di Papua malah lebih cocok di sebut sebagai desa. Tapi sudah menjadi rahasia umum bahwa Papua memiliki kekayaan alam yang jauh lebih melimpah di banding dengan daerah lain. Selain itu, Papua juga memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun, pada kenyataannya sebagian besar pendapatan dari sector pertambangan yang menjadi andalan Papua menjadi santapan asing. Bahkan Negara Indonesia hanya memperoleh tidak lebih dari 10%. Itulah yang kemudian menjadi salah satu alasan kenapa beberapa orang Papua ingin melepaskan diri dari Negara Indonesia dengan membentuk OPM.

2. CARA MENYELESAIKAN GERAKAN SEPARATIS DI PAPUA
salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah dalam menyelesaikan permasalahan gerakan separatis yang dilakukan oleh OPM adalah dengan membentu Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4) yang bertujuan untuk mengatasi gerakan separatis dengan lebih menekankan pada permasalah pembangunan di Papua dan Papua Barat. yang kemudian di harapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sehingga dengan perkembangan dan pembangunan ekonomi tersebut pemerintah mampu mengajak OPM dan oraganisasi separatis lainnya untuk berdamai dengan pemerintah Indonesia seperti yang terjadi dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Referensi : rajawalinews.com,papua.startpagina.nl