Sunday, November 16, 2014

Penyebab kesenjangan Ekonomi Antar Wilayah di Indonesia

Hari ini saya akan berbagi pengetahuan tentang penyebab kesenjangan ekonomi antar wilayah di Indonesia. Kesenjangan ekonomi antar wilayah merupakan sebuah kondisi dimana pertumbuhan ekonomi didaerah satu lebih tinggi disbanding daerah lainnya di Indonesia. Kesenjangan ekonomi di Indonesia tergambar dari masih banyaknya masyarakat yang terisolir dari kota dan jalan raya serta masyarakat miskin yang masih menggantungkan hidupnya dari alam. Dimana kondisi masyarakat itu ditemukan di pulau Kalimantan, Sulawesi, Papua dan sekitarnya, namun sulit ditemukan di pulau Jawa dan Sumatra.

Berikut adalah penyebab kesenjangan ekonomi antar wilayah di Indonesia.

Penyebab kesenjangan ekonomi antar wilayah di Indonesia yang paling utama adalah jumlah lapangan pekerjaan di satu daerah tidak sama dengan daerah lain. Lapangan pekerjaan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam perekonomian masyarakat. Sempitnya lapangan pekerjaan di suatu wilayah menjadikan pengangguran yang sangat besar di wilayah tersebut. Wilayah yang memiliki jumlah tenaga kerja yang besar namun jumlah lapangan pekerjaan tidak mencukupi membuat tenaga kerja tersebut akan berpindah ke wilayah yang jumlah lapangan pekerjaannya tinggi. Dengan demikian wilayah yang mampu menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup akan tumbuh dengan pesat, sedangkan wilayah yang tidak mampu menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup akan mengalami pertembuhan ekonomi yang rendah dan menyebabkan perekonomian masyarakat bawah semakin rapuh. Salah satu karakteristik tenaga kerja di Indonesia adalah laju pertumbuhan tenaga kerja lebih tinggi ketimbang laju pertumbuhan lapangan kerja. Berbeda dengan negara-negara di Eropa dan Amerika, dimana lapangan pekerjaan masih berlebih. Adapun faktor - faktor penyebab pengangguran itu sendiri antara lain seperti :
  1. Kurangnya sumber daya manusia pencipta lapangan kerja
  2. Kelebihan penduduk/pencari kerja
  3. Kurangnya jalinan komunikasi antara si pencari kerja dengan pengusaha
  4. Kurangnya pendidikan untuk pewirausaha

Berikut adalah artikel terkait faktor penyebab terjadinya kesenjangan ekonomi antar wilayah di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi kalian, terima kasih.

No comments:

Post a Comment